Rabu, 07 September 2016

Cara install OwnCloud


Assalamualaikum wr.wb

Pengertian Owncloud
ownCloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu ownCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way!. ownCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.

 Cloud Storage sendiri adalah layanan berbasis Internet yang bisa kita akses dari mana saja. Contoh layanan storage online ini adalah  Dropbox, GoogleDrive, SkyDrive, Box.Net, dan lain lain., Blackberry, Symbian dan lain-lain Own cloud di akses dengan menggunakan berbagai platform (OSX, iOS, Windows, WindowsMobile, Android, Linux).
OwnCloud termasuk dalam kategori Infrastructure as a Service (IaaS) Layanan awan. Dengan ownCloud kita dapat menyimpan file, folder, kontak, audio, galeri foto, kalender dan dokumen lainnya. Kita juga dapat mengakses file dan melakukan sinkronisasi file yang terdapat pada server ownCloud dengan perangkat mobile, desktop, atau peramban web.


Sejarah
Nagios pada awalnya dirancang untuk berjalan di bawah Linux , tetapi juga berjalan dengan baik pada lainnya Unix varian. Ini adalah perangkat lunak bebas dilisensikan di bawah ketentuan GNU General Public License versi 2 yang diterbitkan oleh Free Software Foundation .

Pada tahun 2006, sebuah survei di antara nmap-hacker milis meminta orang-orang apa alat keamanan jaringan favorit mereka. Dalam survei 3243 orang sebagai; Nagios datang di ke-67 secara keseluruhan dan ke-5 di antara alat pemantauan lalu lintas. Nmap sendiri dikeluarkan dari daftar. Survei lain, pada tahun 2011, ditempatkan nagios di tempat ke-69.

Disini saya akan menjelaskan tentang cara menginstal OwnCloud.
 Pertama-tama anda membuka terminal untuk memulai langkah konfigurasinya
1. pertama yang harus dilakukan yaitu Download file owncloud
 setelah anda sudah mendownload silahkan buka terminal dan ketikan perintah berikut ini 





2. Setelah anda sudah memasukan perintah di atas anda bisa memasukan perintah berikut ini untuk melanjutkannya



3. setelah sudah dicopy filenya kita masu ke direktori "/var/www/html" dan perintah ls untuk melihat  apakah filenya sudah tercopy

4. langkah berikutnya yaitu kita unzip/extrak file owncloudnya dengan perintah seperti ini
  
5. anda Tunggu hingga prosesnya selesai kemudian kita beri hak akses pada owncloudnya agar dapat di akses di localhost. Perintahnya


6. Selanjutnya anda membuka browser dan kita buat databasenya di phpmyadmin dengan cara mengetikkan : localhost/phpmyadmin



7. kemudian anda membuka tab baru dan ketikkan perintah "localhost/owncloud" maka akan muncul tampilan seperti ini:


 * Disitu ada beberapa kolom untuk diisi seperti:
     - Username = nama untuk login kedalam owncloud
     - password = passsword untuk login kedalam owncloud
     - Database User = user untuk login ke database phpmyadmin
     - Database Password = password database phpmyadmin
     - Database Name = Nama database yang tadi kita buat diatas
 
  * Isi kolom-kolom tersebut kemudian klik finish setup.



8. Setelah itu anda tunggu prosesnya hingga selesai maka akan masuk kedalam ownclud seperti ini, dan anda sudah dapat menggunakan owncloud


Sekian dari saya tentang cara menginstal OwnCloud , jika ada salah kata atau langkah-langkah  menginstal OwnCloud kurang baik atau kurang jelas bagi anda yang melihatnya, maaf bila saya kurang teliti dalam menginstal OwnCloudnya.

Waalaikumsalam wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar