Jumat, 26 Agustus 2016

PENGERTIAN HSRP

A.PENGERTIAN

HSRP adalah sebuah protocol redudancy standar cisco yang menetapkan sebuah router yang secara otomatis mengambil alih jika router yang lain gagal. Di dalam HSRP mendefinisikan dua status router yang router aktif dan router standby. Router standby digunakan sebagai redundancy dari router aktif jika router aktif gagal merouting.
(HSRP) adalah salah satu fitur perangkat lunak tersebut yang dapat dikonfigurasi untuk menyediakan Layer 3 redundansi untuk network host.Dua router interface bekerja sama untuk menyajikan 1 virtual router atau default gateway untuk host di LAN, jadi ketika salah satu router down yang di konfigurasi HSRP link pada jaringan tersebut akan tetap berjalan, di karenakan ip gateway yang di kenal host adalah virtual router.




Pada gambar diatas terdapat 2 buah multilayer switch(sebagai router), yaitu multilayer switch 1(R1) dan multilayer switch2 (R2).
Nah , konsep HSRP pada gambar tersebut seperti ini :
- Jika R1 kita setting sebagai Router aktif dengan cara memberikan Priority tertinggi di banding R2, maka R2 adalah router dengan status standby.
- Jika R1 mengalami kegagalan routing, maka R2 akan menggantikan status R1 tadi. Dalam arti kata, R2 yang tadinya standby, akan menjadi aktif
- Jika R1 telah kembali normal dan dapat bekerja lagi, maka R2 akan kembali menjadi Router standby, karena mempunyai priority yang lebih rendah . .

IDENTIFYING HSRP OPERATION
Menjelaskan bagaimana HSRP Beroprasi untuk menyediakan Nonstop path redudancy untuk IP.

Virtual Router
virtual Router hanya sebuah IP dan MAC address pada end device yang dikonfigurasi sebagai default  gateway . Router yang aktif akan memproses semua paket dan frame yang dikirim ke virtual router addrress. Router virtual tidak proses frame fisik.

Aktif Router
Di dalam HSRP Group, satu router dipilih untuk menjadi router aktif. Active Router memforward paket yang dikirimkan ke MAC address pada Virtual Router.
Active Router merespon traffic untuk virtual router. Jika end station  mengirimkan sebuah paket ke virtual router MAC address,  Active router menerima dan memproses paket tersebut. Jika end station  mengirimkan ARP request dengan virtual router IP address, Active router mereplay dengan
virtual router MAC address.
Dalam gambar diatas, router A berperan sebagai active router dan memforward semua frame address ke MAC address 0000.0c07.acxx, di mana xx adalah HSRP Group identifier.
ARP Resolusi dengan HSRP
ARP Subtopic ini menjelaskan resolusi dengan HSRP.

Yang berhubungan IP address dan MAC address virtual router disimppan dalam ARP table dari setiap router dalam HSRP group. Seperti yang ditunjukkan pada gambar, perintah show ip arp
menampilkan ARP cache pada multilayer switch.
Dalam contoh, output menampilkan entri ARP untuk sebuah router yang merupakan HSRP group 1 di VLAN10. Virtual router untuk VLAN10 diidentifikasi sebagai 172.16.10.110. MAC address yang dikenal pada IP address ini 0000.0c07.ac01, di mana 01 adalah pengidentifikasi HSRP group untuk group 1.  The HSRP group number is the standby group number (1)
converted to hexadecimal (01).
STANDBY AND OTHER HSRP ROUTERS IN THE GROUP.
Subtopic ini menggambarkan HSRP standby dan peran router lain nya dalam HSRP group.

Fungsi HSRP standby router untuk memonitor status operasional pada HSRP group dan cepat bertanggung jawab meneruskan paket jika active router tidak beroprasi . Active dan standby router saling mengirimkkan hello message untuk menginformasikan di dalam group menggenai peran dan status nya. Router menggunakan multicast address 224.0.0.2 UDP port 1985 untuk pesan ini.
Gambar dibawah ini menggambarkan Interaksi active dan standby router.
Gambar dibawah ini menggambarkan HSRP States
Configuring HSRP
Default HSRP Configuration
Enabling HSRP
pada HSRP state harus berurutan.
Dalam protokol HSRP yang nyala duluan akan jadi Active Router(bisa dilihat pada gambar diatas).
namun secara manual kita bisa konfigurasikan router mana yang selalu menjadi router forwarding/active dengan menggunakan prioritas (keyword priority). jika prioritas antar router sama maka yang paling tinggi IP nya yang jadi Active Router.
Nilai prioritas (default 100) bisa berkurang kalau Active Router nya nyala-mati nyala-mati terus (keywordnya adalah decrement/berkurang 10).
Contoh:
pada gambar diatas.
router 1 punya prioritas 120 dan router 2 punya prioritas 100…router 1 mati-nyala 2x, 120-10-10 =90 (tiap mati kurang 10)…otomatis router 2 yang jadi Active
Fitur pengurangan alias decrement inilah yang bertujuan untuk menghilangkan dependensi terhadap Router yang punya prioritas lebih tinggi dari yang lain, tetapi tidak dapat diandalkan (contohnya Flapping Router ini)
Dan kita bisa tracking pake IP SLA…untuk monitoring up-down & active-standby nya suatu interface maupun router
Klo Active router tadi mati, otomatis yang Standby berubah jadi Active Router, nah…yang Down tadi klo nyala lagi gimana?? Otomatis jadi standby
Untuk meng-influence supaya Active Router yang mati tadi supaya ga jadi Standby, kita bisa pake preemption alias hak untuk mendahului yang lain (keyword preempt)
HSRP ini juga support authentication biar ga sembarangan switch/router masuk ke group HSRP dan mengambil alih rute pahttp://www.kasacima.com/blog/wp-admin/post-new.phpcket
Semoga bermanfaat :-).
Referensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar